Wednesday, January 18, 2012

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia [1]

Posting kali ini adalah salah satu tugas mata kuliah pengembangan kurikulum, dimana setiap mahasiswa diminta untuk menjabarkan perubahan kurikulum pendidikan yang ada di negara kita dari tahun ke tahun. Dimulai dari  kurikulum saat masa awal pemerintahan Presiden Soekarno di awal kemerdekaan, sampai kurikulum KTSP yang diterapkan hari ini. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat!




PERUBAHAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA

Kurikulum Indonesia dari sejak masa kemerdekaan sampai saat ini terus mengalami perubahan. Hampir setiap pergantian Menteri Pendidikan maka terjadi pula pergantian kurikulum. Setiap perubahan Menteri bukannya terjadi estafet pendidikan, tetapi masing-masing Menteri memiliki pandangannya tersendiri mengenai kurikulum yang sebagian dipengaruhi oleh unsur politik, sehingga sampai saat ini kurikulum pendidikan negara kita belum jelas dan mantap. Berikut diuraikan pembahasan mengenai perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia beserta analisisnya.

[1947] Rencana Pelajaran
Inilah kurikulum pertama yang lahir di Indonesia. Kurikulum ini sebenarnya menggunakan bahasa Belanda yaitu ‘Leer Plan’ yang berarti rencana pelajaran. Masa kepenjajahan Belanda yang panjang mengakibatkan bahasa Belanda lebih familiar dibandingkan bahasa Inggris yaitu ‘Curriculum’. Kurikulum ini ditandai dengan perubahan kisi-kisi pendidikan yang asalnya lebih mengarah pada kepentingan Belanda menjadi kepentingan nasional. Setelah dicanangkan pada tahun 1947, kurikulum ini baru benar-benar diselenggarakan di sekolah-sekolah pada tahun 1950. Bentuk dari Kurikulum ini pada pokoknya memuat dua hal yaitu daftar mata pelajaran dan jam pengajarannya. Dalam pengajaranpun lebih menekankan ada pengajaran watak, kesadaran bernegara, dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan keseharian.

[1952] Rencana Pelajaran Terurai
Pada tahun 1952, Pemerintah melakukan perubahan yaitu ditandai dengan merinci lagi isi kurikulum dengan mengurai silabus dari setiap mata pelajaran. Setiap guru hanya mengajar satu mata pelajaran sesuai keahliannya.

[1964] Rencana Pendidikan 1964
Di akhir era kepemimpinan Soekarno lahir rencana pendidikan 1964 atau disebut juga kurikulum 1964. Kurikulum ini berfokus pada pengembangan daya cipta, rasa, karsa, karya, dan moral. Kelima aspek ini disebut juga Pancawardhana. Kelima aspek ini diwujudkan dalam lima mata pelajaran yaitu moral, kecerdasan, emosional atau artistik, keterampilan, dan jasmaniah. Isi pendidikan leih fokus pada kegiatan praktis yang dapat langsung diaplikasikan.

[1968] Kurikulum 1968
Bergantinya orde lama menjadi orde baru mengakibatkan adanya perubahan pada kurikulum. Pada kurikulum ini adanya pergantian Pancawardhana menjadi pembinaan jiwa pancasila, pengetahuan dasar, dan kecakapan khusus. Walaupun materinya masih bersifat teoritis yang tidak berkaitan dengan permasalahan sehari-hari, adanya perhatian pada kecakapan khusus patut diapresiasi karena sudah ada perhatian tentang pengarahan kemampuan-kemampuan khusus. Selain itu perubahan yang mendasar pada kurikulum kali ini yaitu adanya keyakinan keagamaan. Hal ini dikarenakan jiwa Pancasila menjadi dasar pengajaran pada kurikulum ini.

[1975] Kurikulum 1975
Metode, materi, dan tujuan pengajaran dirinci dalam Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (PPSI). Kurikulum 1975 menekankan pada tujuan, agar pendidikan lebih efisien dan efektif. Zaman ini dikenal istilah “satuan pelajaran”, yaitu rencana pelajaran setiap satuan bahasan. Setiap satuan pelajaran dirinci lagi: petunjuk umum, tujuan instruksional khusus (TIK), materi pelajaran, alat pelajaran, kegiatan belajar-mengajar, dan evaluasi. Kurikulum 1975 banyak dikritik. Guru dibikin sibuk menulis rincian apa yang akan dicapai dari setiap kegiatan pembelajaran.



"Pendidikan adalah proses sosial. Pendidikan adalah perkembangan. Pendidikan, bukan persiapan untuk hidup, pendidikan adalah kehidupan itu sendiri"
-John Dewey-

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons