Saturday, January 21, 2012

Tips Desain Slide Presentasi yang Tidak Membosankan [1]


Jika kita adalah pelajar, mahasiswa, pengajar, pengusaha, karyawan perusahaan, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya presentasi. Dimulai dari presentasi tugas kelompok, presentasi materi bahan ajar, presentasi laporan neraca perusahaan, dan lain sebagainya. Dan tak jarang pula kita harus mendesain sendiri
slide presentasi yang akan ditampilkan. Jika kepepet hal yang biasa kita lakukan : menggunakan template default Powerpoint, copy-paste hampir semua tulisan dari word, mentok-mentok biar agak bagusan ditambahin gambar clip art. Jika ini hal yang biasa kita lakukan, kemungkinan ketika presentasi nanti audiens bakal kurang tertarik dengan slide presentasi yang sudah susah-susah kita buat.

Pada posting kali ini, ada beberapa tips sederhana yang bisa dipertimbangkan untuk membuat slide presentasi menjadi lebih menarik dan atraktif. Tips-tips ini bisa digunakan oleh siapapun baik yang terbiasa dengan dunia desain ataupun orang yang awam dengan desain sekalipun.

1. Stop Pakai Template Default Powerpoint.

Dalam Powerpint terdapat banyak template yang bisa kita pilih untuk digunakan. Tapi yang perlu dipertimbangkan, template-template tersebut sudah terlalu sering digunakan. Kebanyakan orang yang melihat sudah hafal dengan template-template tersebut, sehingga berkurang rasa tertariknya pada slide. Dengan menggunakan template buatan sendiri, orang akan tahu bahwa kita berusaha lebih dalam mempersiapkan presentasi.


2. Gunakan Foto Berkualitas


Foto merupakan salah satu senjata terpenting untuk membuat slide kita tampak lebih atraktif. Pilih lah foto-foto terbaik yang bisa digunakan. Di internet terdapat banyak gambar gratis, yang memang bisa di-download secara legal. Misalnya saja di stock.xchng
dan flickr. Carilah foto yang dapat mewakili materi slide.

3. Gunakan Warna Kontras


Untuk menimbulkan kesan profesional kita tidak harus selalu menggunakan background yang rumit. Dengan menggunakan warna solid sederhanapun slide kita bisa terlihat profesional. Hanya saja yang perlu diperhatikan ialah pemilihan warna. Gunakanlah warna kontras untuk background dan teks. Misalnya jika background terang, maka gunakan teks berwarna gelap. Begitupun sebaliknya. Cobalah untuk terus bereksplorasi dalam penggunaan warna yang menarik.

4. Gunakan Font yang Pas

Sebuah font yang keren dapat memperindah atau bahkan merusak slide yang kita buat. Kuncinya adalah penempatan. Sebenarnya menggunakan font yang biasa terdapat di komputer kita pun tidak masalah. Terkadang kita berfikir menggunakan font yang biasa saja akan terlihat membosankan. Tapi font simpel seperti Arial, Calibri, atau Verdana bila digunakan secara pas justru akan menimbulkan kesan bersih, modern, dan profesional.

 

Bila kita memang ingin menggunakan font yang unik, bahkan rumit untuk judul. Maka hal itu bukan masalah, tapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu readibilitas (kemudahan dibaca), dan kecocokan dengan materi (font band-band metal tentu tidak cocok digunakan untuk presentasi neraca pertumbuhan profit perusahaan). Selain itu jika pada judul sudah menggunakan font yang cukup unik dan rumit, maka gunakanlah font yang lebih simpel pada bagian materi, atau penjelasannya.


5. Perhatikan Readibilitas

Foto keren yang kita gunakan sebagai background terkadang terdiri dari berbagai warna yang membuat font menjadi sulit untuk dibaca. Jika itu terjadi cobalah untuk mengganti warna font dengan warna yang paling terlihat jelas. Jika tulisan masih sulit untuk dibaca, kita dapat mencoba menggunakan kotak dengan warna solid sebagai tempat penulisan. Sebagai contoh, misalnya saja seperti gambar dibawah ini.


Masih ada beberapa tips lagi yang bisa dipertimbangkan untuk membuat slide presentasi kita tampak lebih hidup. Hanya saja karena terlalu panjang, maka akan dituliskan pada posting berikutnya. Jika punya tips lain atau sekedar tanggapan silahkan tulis komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat!

Sumber : www.designshack.net 




" Our work is the presentation of our capabilities "
- Edward Gibbon -

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons