Sunday, January 22, 2012

Mengenal Nabi Muhammad Saw [2] : Pakaian dan Kekuatan Fisik Rosulullah



















Setelah posting 'Mengenal Lebih Dekat Nabi Muhammad Rosulullah Saw' lalu membahas tentang kelahiran dan ciri-ciri fisik Nabi Muhammad saw, kali ini akan dibahas tentang pakaian dan kekuatan fisik Rosulullah saw. Semoga dengan mengenal lebih dalam tentang Rosulullah saw dapat menambah kecintaan kita terhadap beliau.



Pakaian Sehari-hari Rosulullah

Dalam kesehariannya, Rosul menyukai pakaian gamis berlengan panjang dan habrah (sejenis pakaian dari bulu berwarna agak kemerahan. Bila ia merasa letih, ia menggunakan pakaian longgar berwarna merah tua, izar (semacam sarung), dan rida (penutup punggung). Terkadang ia menggunakan baju rangkap, terkadang
menggunakan jubah berlengan panjang. Kepalanya terkadang tertutup, kadang pula menanggalkan penutupnya dan membiarkan rambutnya terurai.

Kekuatan Fisik Rosulullah Saw

Diriwayatkan bahwa di kalangan kaum Quraisy terdapat seorang lelaki bernama Rukanah bin Abdi Yazid. Ia merupakan orang yang paling kuat tenaganya diantara para lelaki kaum Quraisy. Pada suatu hari Rosul
mengajaknya untuk memeluk Islam. Akan tetapi ia menolaknya dan meragukan kebenaran perkataan Rosul. Kemudian Rosul berkata "Bagaimana sikapmu jika engkau aku jatuhkan? apakah engkau mau tahu bahwa apa yang kukatakan benar? Karena percaya akan kekuatannya, Rukanah dengan yakin mengiyakannya. Rosulpun berkata "Mendekatlah, kau akan kujatuhkan." Rukanah mendekat kemudian Rosul saw menguncinya, dan menjatuhkannya dalam keadaan tak berdaya. Rukanahpun tidak puas dan minta untuk diulangi lagi. Akan tetapi Rosul memitingnya dan menjatuhkannya kembali. Rukanahpun keheranan. Kemudian Rosul berkata "Ada yang lebih aneh dari itu, pohon yang kau lihat itu akan mendekat kepadaku." Rukanahpun berkata "Cobalah panggil dia" Rosulpun memanggilnya, dan pohon itu bergerak kehadapan beliau, kemudian Rosul menyuruh pohon itu kembali, dan pohonpun kembali ke tempat semula. Rukanahpun pulang ke tengah kaumnya, dan menceritakan keanehan yang terjadi. Beberapa waktu kemudian Rukanahpun mendapatkan hidayah dari Allah SWT, memeluk Islam dan menjadi sahabat Nabi.

Sumber : Buku Pintar Sejarah Nabi Muhammad - Sayyid Muhammad bin 'Alawi.


"The best of houses is the house where an orphan get love and kindness"
- Nabi Muhammad saw -



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons