Tuesday, February 26, 2013

Tips Menjadi Pribadi Berkelas dalam Kehidupan Sehari-Hari

 
Pernahkah kita melihat seseorang dengan kepribadian yang disegani dan sangat menarik? Apakah itu tokoh publik, guru di sekolah, senior di kampus, atau bahkan teman kita sendiri? Melihat orang seperti ini kita akan merasakan bahwa orang ini memiliki kepribadian berkelas.  Lalu bagaimana agar kita, orang-orang yang merasa biasa saja bisa memiliki kepribadian yang berkelas? Simak tips-tips dibawah ini, yang merupakan daftar hal yang hanya dilakukan orang-orang dengan kepribadian berkelas. Sssssttt... Tidak semua orang tahu tips-tips sederhana ini!


1. Orang berkelas memiliki kemampuan untuk Bertanggung Jawab.

Jika kita ingin menjadi pribadi yang berkelas, kita harus benar-benar belajar tentang tanggung jawab.Orang-orang berkelas selalu siap untuk bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri. Tidak pernah menyalahkan orang lain dan tidak menyalahkan keadaan. Dan terkadang mereka menerima tanggung jawab atas hal-hal diluar kendali mereka seperti kesalahan yang dilakukan orang lain. Hal ini tentu tidak mudah, tapi ini adalah cara berkelas dalam memandang suatu masalah. Masih ada lagi hal lain, kita tidak saja harus menerima tanggung jawab, tapi harus membuatnya terlihat mudah. Jika merasa melakukan hal berkelas seperti ini merepotkan, kita harus menyembunyikan kerepotan itu bagaimanapun caranya.

2. Orang berkelas tidak pernah mengeluh, mengkritik, mengutuk, meng-#*%&, meng-#@&*%, dsb.

Mulailah berkomitmen pada diri kita sendiri, jangan mengkritik, jangan mengeluh, jangan mengumpat, pokoknya jangan, titik. Kenapa? Jawabannya bisa kita tanyakan pada diri kita sendiri, apakah kita senang mendengar orang lain mengeluh? orang yang hanya bisa mengkritik? apa kita senang pada orang yang berkata kasar pada orang lain? jawabannya sudah jelas.

3. Orang berkelas dapat mengontrol emosinya.

Seorang psikolog William James menulis "Tindakan tampaknya mengikuti perasaan, tapi sebenarnya tindakan dan perasaan terjadi bersama; dengan mengatur tindakan, maka kita dapat mengatur perasaan secara tidak langsung." Dengan kata lain, bila kita bertindak tenang, maka perasaan kita akan menjadi tenang. Hal ini bermanfaat ketika kita menghadapi situasi yang tidak menyenangkan, misalnya ketika kita emosi atau gelisah, cobalah untuk bersikap tenang. Dan ajaibnya, perasaan pun akan mengikuti menjadi tenang.

4. Orang berkelas memiliki kemampuan untuk mendengarkan.

Dari berbagai keterampilan berkomunikasi, mendengarkan merupakan salah satu keterampilan penting. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. Sebagian orang lebih suka mendominasi pembicaraan dan sebagian lagi lebih suka mendengarkan setengah hati. Orang-orang berkelas memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. Mereka dapat mendengarkan dengan penuh perhatian sehingga orang lain merasa senang berinteraksi dengan mereka. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat lagi posting sebelumnya tentang Tips Menjadi Pendengar yang Baik.

5. Poin-poin tambahan yang dimiliki orang berkelas.

Prinsip dibawah ini dapat membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik. Jika kita renungkan, sebagian besar poin-poin tambahan dibawah ini pasti dimiliki oleh orang-orang berkelas yang kita kenal. Apa sajakah itu?
  • Menunjukkan rasa respek pada orang lain, walaupun itu adalah seseorang yang tidak disukai. Jangan pernah mengatakan seseorang bahwa dia salah, dia orang yang tidak menyenangkan, dsb.
  • Bila kita melakukan kesalahan, akuilah kesalahan itu secepatnya dengan tegas.
  • Dalam berkomunikasi, biarkan orang lain banyak berbicara.
  • Dalam berkomunikasi, biarkan orang lain merasa bahwa suatu ide adalah ide dia.
  • Dalam argumentasi, untuk mendapatkan yang terbaik - hindari.
6. Kesimpulan

Kesimpulannya, dengan menerapkan poin-poin diatas pastinya tidak akan langsung menyulap kita menjadi pribadi berkelas dan disegani macam Mario Teguh atau Barry Prima (!?). Tapi setidaknya tips-tips diatas pastinya dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dan setingkat lebih dekat untuk menjadi pribadi berkelas :)

Sumber : Make Yourself Unforgettable - Dale Carnegie Training
Sumber Gambar : www.wkyc.com

3 comments:

Unknown said...

Bagus blognya, terus menulis ya :)

Unknown said...

Bagus blognya, jangan lupa kunjungi
firdausquotes.blogspot.com

Unknown said...

Tips yang menarik.. patut untuk dicoba^^

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons